Belajar bahasa Korea ternyata mudah

l안녕하세요 친구(annyeong haseo chingu = apa kabar teman)

gan, kita belajar bahasa Korea yuk? seperti potongan judul thread ini "Yang Niat Aja", kenapa ane bilang begitu? soalnya thread ini terlalu banyak isinya, kalo cuma asal baca ga akan mungkin masuk ke otak
jadi kalo yang merasa ga niat, harap jangan dibaca.

repost? sepertinya begitu

bukannya ga cinta sama bahasa sendiri, tapi disini ane cuma mau mengajak kaskusers belajar bahasa asing, biar bisa sedikit ngerti gitu kalo nonton film drama korea
jujur aja ane dulu ga terlalu suka sama Korea, tapi semuanya berubah ketika negara api menyerang *eh tapi semuanya berubah setelah ane kenal dengan SNSD (a.k.a Girls Generation )

oke langsung aja. siapin buku sama pulpen!
dimulai dari perkenalan huruf ya ____


Tahapan pertama dalam belajar bahasa korea adalah hafal dan mengerti huruf abjad korea atau yang lebih di kenal dengan hangeul ( 한글 ), kemudian di ikuti cara menulis dan membacanya. Berikut huruf abjad korea yang harus kita hafal :

Konsonan :
1. ㄱ ==> G
2. ㄴ ==> N
3. ㄷ ==> D
4. ㄹ ==> R/L (PERLU DIPERHATIKAN! untuk huruf ” ㄹ “ bilamana berposisi di atas, maka pembacaanya sebagai huruf ” R” tetapi bilamana berposisi di bawah ( sebagai konsonan akhir atau badchim ) maka pembacaanya sebagai huruf ” L “ *contoh: 계실 겁니까? = gyesilkkeomnikka? = apakah anda akan tinggal?)

5. ㅁ ==> M
6. ㅂ ==> B
7. ㅅ ==> S
8. ㅇ ==> NG
9. ㅈ ==> J
10. ㅊ ==> CH
11. ㅋ ==> Q
12. ㅌ ==> TH
13. ㅍ ==> PH
14. ㅎ ==> H
15. ㄲ ==> K
16. ㄸ ==> T
17. ㅃ ==> P
18. ㅆ ==> SS
19. ㅉ ==> C

Catatan : Pembacaan badchim ( konsonan akhir ) pada huruf ㅅ, ㅈ, ㅊ, ㅌ, ㄷ, ㅆ, dan ㅉ akan di baca konsonan ” T/D “
Contoh :
맛 ==> badchim ㅅ di sini pembacaanya bukan sebagai ” S ” melainkan di baca sebagai ” T ” ==> Mat
맞 다 ==> badchim ㅈ pembacaanya sebagai ” T ” dan berbunyi ” Mat da ” bukan di baca sebagai ” Maj da “
Pembacaan Badchim ( konsonan akhir ) ” ㅂ ” pada pembacaan korea, akan di baca sebagai huruf konsonan ” M “
Contoh :
일 합니다 ==> badchim ㅂ di sini pembacaan sebagai ” M ” ==> il hamnida. bukan di baca sebagai ” B ” ( il habnida)
갑 니다 ==> badchim ㅂ di baca sebagai ” M ” ==> gamnida. Bukan sebagai gabnida



Vokal :
1. ==> A : Anak
2. 야 ==> YA : Ya
3. 어 ==> Eo : Order, Cowok
4. 여 ==> Yoe : Yogyakarta
5. 오 ==> O : Go
6. 요 ==> Yo : Loyo
7. 우 ==> U : Untuk
8. 유 ==> YU : Sayur
9. 으 ==> EU : Enyah
10. 이 ==> I : Indah
11. 애 ==> AE : Elok
12. 얘 ==> YAE
13. 에 ==> E : Enak
14. 예 ==> YE
15. 외 ==> OI ==> WE ( merupakan gabungan vokal 오 dan 이 )
16. 와 ==> OA ==> WA ( merupakan gabungan vokal 오 dan 아 )
17. 왜 ==> OAE ==> WAE ( merupakan gabungan vokal 오 dan 애 )
18. 워 ==> UOE ==> WOE ( merupakan gabungan vokal 우 dan 어 )
19. 웨 ==>UE ==> WE ( merupakan gabungan vokal 우 dan 에 )
20. 위 ==> UI ==> WI ( merupakan gabungan vokal 우 dan 이 )
21. 의 ==> EUI ( merupakan gabungan vokal 으 dan 이 )


Untuk lebih mudah menghafal abjad korea dan pegucapannya, hendaknya kita memfokuskan pada huruf tunggal terlebih dahulu, baru di ikuti huruf ganda ( gabungan ). Pada pengucapan huruf ganda terbentuk berdasarkan bunyi huruf dasar yang melekat di dalamnya, contoh : 와 ==> oa ( wa ) kita harus terlebih dahulu tahu dan mengerti huruf 오 dan 아, bunyi yang di hasilkan tinggal mengikuti perpaduan bunyi dari keduanya.
Contoh lain pada vokal ganda: 아 ==> a, akan berbunyi ” Ya ” setelah ada tambahan garis “- ” ( 야 ) yang mengarah ke kanan, jadi garis tambahan tersebt bisa di artikan ” Y ” pada vokal. contoh pada vokal 오 ==> o, akan berbunyi ” Yo ” setelah di tambahkan garis yang mengarah ke atas ( 요 ). Dapat di simpulkan bahwa garis tambahan pada vokal berati ” Y “. Sekali lagi kesimpulan cara awal menghafal huruf abjad korea, terletak pada huruf tunggal, baik sebagai konsonan ataupun vokal.

ㄱ (g) + ㅏ (a) = 가 (ga)
ㄴ (n) + ㅑ (ya) = 냐 (nya)

untuk suku kata mati

ㅁ (m) + ㅗ (o) + ㄴ (n) = 몬 (mon)
ㅂ (b) + ㅜ (u) + ㅇ(ng) = 붕 (bung )

lalu huruf vokal tidak bisa berdiri sendiri, jadi harus selalu diikuti huruf konsonan.
misalnya huruf u (ㅜ) dalam kata uri (kami/kita)
tidak bisa ditulis ㅜ (u)리 (ri)
huruf ㅜ tidak bisa ditulis tanpa huruf konsonan
jadi harus ditambah dengan ㅇ (ng)

우 리 uri
아 빠 apa
엄 마 eomma

o (ng) menjadi tidak berbunyi bila di diukuti dengan huruf vokal.
o (ng) hanya berbunyi bila diletakkan di bawah.

misalnya

몽 (mong)
빵 (pang)
짱 (cang)
1. huruf hidup yang menyamping spt ㅏ a, ㅑ ya, ㅓ eo ,ㅕ yeo, l i, ㅐ ae, ㅒ yae, ㅔ ye, ㅖ yae disambung disamping
contoh 가 (ga), 비 (bi), 래 (rae)

2. huruf hidup yang kebawah ㅗ o ㅛ yo ㅜ u ㅠ you ㅡ eu disambung kebawah
contoh 모 (mo), 쓰 (seu) , 푸 (pu)

3. suku kata mati. misalnya dak, dong, mak....
huruf ketiganya disambung dibawah
dak 닥
dong 동
mak 막

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

86 komentar:

Regina mengatakan...

ada software belajar bahasa korea buat hp java gak?Kalo gx,link yg bsa dibuka lewat opmin.aq pengen banget...

Octa Anggraini mengatakan...

Oh gitu ya ,
....

Masruri mengatakan...

terimakasih banyak,, it is very usefull,, dapatkah sayA menjadi teman atau mungkin guru saya dalam belajar bahasa korea mbak? karena saya ingin sekali belajar agar saya bisa ikut tes tki disana,seperti kata anda dengan niat,dan hanya itulah modal saya saat ini untuk belajar, bila anda bersedia saya akan berterimakasih sekali, tlong balas di email saya rurryjelekz12@gmail.com saya tunggu dan terimakasih

sanovile jambu mengatakan...

pusing kepala ku !!!!!

Seong Hyeon Woo mengatakan...

amazingly easy...

Judius Kwang mengatakan...

Numpang lewat yah....
Bagi yang ingin belajar bahasa korea dari basic bisa dikunjungi idkor.blogspot.com/
thxx :D lets learn Korean :)

william amhil mengatakan...

Aaaaddddddddd,,,,,,,,,,,,,
susahnya bahasa korea.......

Chaca Chamot mengatakan...

sumpehh susah bangettt..

Iyoxe Dake mengatakan...

ga mudeng,,hrs pke guru privat..

Arief Fzy mengatakan...

lumayan sedikit2 jadi ngerti.. makasih udah share

m arapik mengatakan...

terimah kasih tutorialnya, jangan lupa mampir disni http://www.unsri.ac.id/

mellyana safitri mengatakan...

bahasanya bingungin... aku ga maksud

Gastin Brema mengatakan...

pening kepala awq kau buat

rezky deva ananta mengatakan...

Mohon bantuanya mbak/ mas,mw tanya nih knapa ya 닥 kata dak di sini huruf "g" berubah bunyi jadi "k",mohon bantuanya tolng di jelaskan kapan huruf "g" tersebut berubah bunyi jadi "k" ,trima kasih

Angel Tan mengatakan...

malah nyusahin neh, hehehe
kalau gua mah yang penting tau cara ngucapnya n ngerti maksudnya. percakapannya ajah dulu deh, belajar kayak anak balita, ngomongnya dulu lancar,jd perbanyak kosakata, baru deh ikutan pusing ama hangul nya.
That's just my opinion.
Saranghe Chingu ^_^

ain haziqah mengatakan...

KALO BISA OLONG AJARIN GWE SEPENUHNYA YA...MAKASIH

ain haziqah mengatakan...

*TOLONG

Sesarema Febriananda mengatakan...

Kyaaa, rumitt >.<

Gastin Brema mengatakan...

Mudah amat ya

Davidssi penemu ide mengatakan...

고마워요...
boleh jadi temen sharing gk?
hehe
만나서 반가워요

elinaz keith mengatakan...

yeeyy,,, bisa bljaar tanpa gru privat atwpun les niih :D tengs chingu, berguna bgt ;)

ruumee mengatakan...

maaf mau tanya, kalo di leptop belum kebaca huruf koreanya, gimana cara mudah untuk mengatasinya? apakah tetap harus mendownload hangeul? terima kasih

Ujang Nim mengatakan...

untuk yang mau KURSUS BAHASA KOREA GRATIS kunjungi saja http://www.belajar-bahasa-korea.com/

Evi Pramudiyanti mengatakan...

cukup membantu....
terima kasih

ann jie mengatakan...

Rumit...
Tapi aku ingin mendalami...


감사합니다

Phi eric mengatakan...

gampang banget buat dimengerti... jadi lancar nulis hangul... gomawo chingu...

Shyerren Virginia mengatakan...

makasih bgt ni infonya gampang bgt gmpang d mengerti hhe

Khansa Salsabila mengatakan...

tolong dibales ya *)
aku mau tanyak itukan misalnya i,trs yg bulet klo d tulis g usah pk lingkaran itu ya? trs bisa minta tolong g? aksaranya ditambah lg biar lbh banyak tau sm di beritahu cara baca yg lbh mudah dimengerti ok ;) !!!!! sekian dl ya mohon untuk dibalas :D

lino mengatakan...

Haha......

AJI SAPUTRA mengatakan...

zzzzzzzzzzz

Nadhira Shafa K mengatakan...

coba kalo bahasa korea itu hurufnya spt huruf biasa gini pasti bnyk yang udah bisa

gho far mengatakan...

aecah disini jga ada pembelajaran bahasa korea di www.ghofar1.blogspot.com heheheh

dhany_uciha mengatakan...

astungkara bisa,,, :)

Aztuti Voni mengatakan...

kalau cara membaca huruf hangul gimana ??

Mirza Pratiwi mengatakan...

Anda ada di wilayah Malang, Jawa Timur. Ingin kursus privat bahasa korea, datang ke tempat kami. Untuk info lebih lanjut lihat website kami http://mayantara.sch.id/. Mumpung masih promo, cepetan daftar. Gamsahamnida :D

Suprobo Hanan mengatakan...

Terimakasih,....
Ternyata kalau diniati semuanya terasa mudah,.
Sangat mudah untuk dimengerti ^_^

Tia Liumooth mengatakan...

Msih susahh lidah y untuk mmperdala bhsa huft,,,

Pengen bgett blajar bhsa korea heheee,,,,

siti lily gwiyomi mengatakan...

pusing....

Laura Melvina mengatakan...

Jika ㄱ diletakan di awal akan berbunyi g dan jika diletakan di akhir akan berbunyi k. Contoh: 친구 (chingu) dan 책 (chaek). CMIIW

jeung Tini mengatakan...

usefull , nambah ngerti nih :D

cibink mengatakan...

makasih yah,, akhirnya sy tau bedanya R/L , G/K
tp sy masih bingung dgn pada huruf ㅅ, ㅈ, ㅊ, ㅌ, ㄷ, ㅆ, dan ㅉ .. pdhal udah sy pelototin penjelasan di atasss tp lom mudeng" jg heheh,, jelasin lagii donkkk kayak huruf R/L, G/K nya
mavvv yahhh ngerepotin,, maklum baru mo mulai belajarr ,, gomawo ^^

Mela Silviana M mengatakan...

tanks ya... gampang banget, langsung ngerti.


isyraf imran mengatakan...

pusing

kalis fajar mengatakan...

ooo gitu ya,,, :)
ga terlalu susah,kalo bener2 niat,,,, :)
gomawo atas wawasannya ;)

adi supriyono mengatakan...

baru mau belajar nih... mohon dibantu ya,,, hehehe

29807360-fda0-11e2-9875-000bcdcb5194 mengatakan...

anyoung haseyoo....je ireumen yuyunimnida,,hanggukoreul gongbuhago shipoyo,,,dowajuseyo,,,gamsahamnida...

Melsa Peratiwi mengatakan...

Ka' namanya email-nya apa?




DAE WOO LANGUAGE CENTER mengatakan...

kunjungi www.daewoolc.com untuk mengetahui produk kami. (Buku kisi kisi eps topik terbaru)

Ilma Fadillah mengatakan...

makasih yaa..
q sih sebenernya belum ngerti" banget
tapi lumayan dahh...

Ilma Fadillah mengatakan...

makasih yaa..
q sih sebenernya belum ngerti" banget
tapi lumayan dahh...

latifah alqibthyyah mengatakan...

mudah ....^^'

fashelna fauqa mengatakan...

Susah eonni.. cara pembacaannya beda ama bhs kita. Aku lgi belajar bhs jepang tpi hurufnya banyaaak bgt. Ada kesulitan masing" siih tpi bhs jepang mudah di ingat. Memungkinkan ga y aku bisa bhs korea ?? #Motivasiinaku

Dyan Rosdiana mengatakan...

Makasih ya :)
Lumayan ngerti... Hehe :D

Dhewie mengatakan...

ijin kopas ya... thanks
http://dhewieonline.blogspot.com

risma mitraraharjo mengatakan...

lumayan membantu... keep updating dunk.. aku juga lagi belajar bahasa korea

milla listianto mengatakan...

bisa lebih banyak lagi g, terutama jenis2 batchim, tentang batchim asimilasi, batchim pengecualian, batchim rangkap dll... coz masih bingung buanget nich.....

aryo 7575 mengatakan...

Mas huruf ..W..nya kok nggak ada ...???

Va Jpark mengatakan...

안녕하세요 친구....

aku juga lagi belajar bahasa korea secara otodidak.
mungkin kita bisa jadi temen sharing???

deden ic-r mengatakan...

안녕....

Yurike Ambarwati mengatakan...

belajar bahasa korea bisa dipelajari secara otodidak, tapi terkadang juga banyak hal yang membingungkan saat kita belajar sendiri..
kita juga bisa ikut kursus bahasa korea untuk mempelajari bahasa korea..
http://mayantara.sch.id

vitaminboutique mengatakan...

agak susah untuk menyebutnya :)

김 동 유 mengatakan...

it make me feel so dizzy! so difficult to understand it & it'll takes a few days or months to understand that.

aulia septiana mengatakan...

i really want to learn korean language but your mean is really hard to understand it,, how can i learn korean language ?? is there a tips for me ??

kenzo oziwa maulana mengatakan...

sumpeh..gw pengen bgt..tlg dong share'...gmn cara belajar bahasa korea...byk temenku ngajakin..tour ke seoul'.. klu ngg ngerti bhs korea..bisa malu abis.."

angg reani mengatakan...

so diffikult to understand,

Shinasa mengatakan...

Wah, lumayan jadi mudah buat dipelajarin. Tapi gue ada pertanyaan nih, kalo mau tulis nama yg mengandung unsur huruf z pake hangeul gmn caranya y? Soalnya d hangeul gk ada tuch, mohon bantuannya ya...^^
Nb: tolong kasih contoh nulisnya juga ya,
Tengkyu... tengkyu...

arrie wawan sunaryo mengatakan...

aku serius pengen belajar bhs korea dari basic..

yang mau mengajari, silahkan email ke

085640347710.arrie@gmail.com

semoga ilmu anda bermanfaat..
terima kasih...

Muffin Milky mengatakan...

bagus juga nih ilmu dasarnya..
Ada juga nih kosa kata bahasa korea di youtube, silahkan lihat disini: http://www.youtube.com/watch?v=HP2hx-kd8nM

Syafrida Masrifah mengatakan...

Gomawo (:

abdul basit mengatakan...

yups mudah juga ya (itupun kalo hafal)


tengkyu lah

Yohana Kristiana mengatakan...

pingin belajar

jendela kesehatan mengatakan...

makasih bos,artikelnya bagus

desi nurhayati mengatakan...

ternyata susah bgt belajar bhs korea

#pusing

wida dpn mengatakan...

kalo otodidak memang agak susah..... coba deh ambil kursus intensif bahasa korea... pasti kerasa gampangnya

mychenta chenta mengatakan...

mbak biasanya apa yang di pelajari dalam sekolah korea untuk masuk tki

Vivi Selviana mengatakan...

nih ada juga situs yg lengkap untuk belajar bahasa korea , sangat cocok bahasannya untuk ctki korea yg akan ikut tes eps topik http://www.seoulina.com/

WendAddict SBY mengatakan...

Di korea gak Z chingu ^^ di Korea Z diganti jadi J
Contohnya Minzy, di hangul tulisannya Minji bkn Minzy

Klo Suzy jadi Suji ^^

WendAddict SBY mengatakan...

Difficult no diffikult

Izza muna mengatakan...

awalnya susah rek :(

Noviana Dwi Harwati Fajrin mengatakan...

postingannya bagus...:)
saya suka, saya jadi bertambah kosakata bahasa koreanya...
trimakasih

Tara Tuinkk mengatakan...

OI ==> wae ??

Masih gak ngertii min.. wae disana ituu cara baca nya ya ?? Atau gimana ?? Tolong minn ~ :(

marwa idah bone mengatakan...

thanks akhirnya gw ngarti juga walaupun sedikit yg penting udah punya basic nya :D

Odittee mengatakan...

boleh tanya? pada saat kondisi apa huruf badchim dibaca T dan pada saat apa dibaca D?

Raisabiya Qabisa mengatakan...

gak bisa keluar tulisan korea nyaa...:(

Azzah Zakiyyah mengatakan...

캄사함니다 ^^

Tiara Suci mengatakan...

lumayan sedikit sedikit lah bisa

Poskan Komentar